Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 05 September 2019

Facebook menyebarkan Nomer Telepone lebih dari 400 juta pengguna


facebook

Seseorang peneliti telah menemukan database yang tidak dilindungi oleh facebook data tersebut menyimpan data pribadi dan kebanyakan adalah nomer telepon dari berjuta pengguna facebook. Bagi sebagian orang data tersebut tidaklah penting hanya kumpulan data yang tidak berguna tetapi bagi seseorang yang mempunyai tujual khusus data tersebut sangat amat penting dan berguna untuknya juga bisa untuk diperjual belikan keseseorang yang membutuhkannya. Semua fakta tersebut membuktikan bahwa data sangatlah penting dan facebook telah melanggar penyebaran privasi yang sangat besar.

Menurut Mark Zuckerberg “focus privasi” facebook awal tahun ini, mengenai semua privasi akan diperbaiki agar pelanggaran privasi tersebut tidak terulang lagi setelah pada pelanggaran yang lalu telah mengekspos beberapa nomer telepon yaitu dari 419 juta pengguna facebook, tetapi facebook telah membatasinya agar tidak bisa diakses lagi dan tidak untuk digunakan untuk orang yang bertujuan tertentu.

Sayam Jain  yaitu seseorang peneliti keamanan yang telah menemukan   database tersebut yang kemudian dilaporkan kepada TechCrunch bahwa dirinya Sayam Jain telah menemukan data tersebut dari Facebook. Kemudian setelah Sayam Jain menghubungi TechCrunch pihak hosting sari facebook databasenya dimatikan.


Beberapa data yang masuk dicatat dari seluruh dunia yaitu : 133 juta pengguna facebook AS, 50 juta pengguna Vienam dan 18 juta pengguna dari inggris. Nomer telephon dari pengguna tersebut terkait dengan id facebook yang tentu saja berisi data yang sangat lengkap yaitu detail data pribadi seseorang.

Menurut juru bicara dari pihak facebook “Data tersebut sudah lama dan tidak memiliki update data sehingga sebagian besar datanya sudah berubah dan saat ini database tersebut sudah dihapus agar tidak terjadi penyebaran database”.

Berita tersebut muncul disaat facebook mendapat kecaman dari beberapa pihak karena database mereka yang telah disebar luaskan oleh facebook, semoga dengan terjadinya hal tersebut facebook dapat memperbaiki system keamananya dan tidak terjadi lagi pelanggaran penyebaran database lagi.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman